Kontribusi Motivasi Belajar Terhdapa Hasil Belajar Peserta Didik di MAN 1 Kabupaten Gorontalo

Authors

  • Adinda Fauziah Mamonto IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia

Keywords:

Hasil belajar, MAN 1 Kabupaten Gorontalo, Motivasi belajar, Peserta didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik di MAN 1 Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui angket yang disebarkan kepada peserta didik kelas X. Data dianalisis menggunakan uji statistik deskriptif, uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, regresi linear sederhana, serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik. Uji regresi menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), menunjukkan bahwa motivasi belajar memberikan kontribusi yang nyata terhadap hasil belajar. Koefisien determinasi sebesar 34,8% menunjukkan bahwa variabel motivasi belajar memengaruhi hasil belajar, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Penelitian ini menegaskan pentingnya motivasi belajar sebagai faktor utama dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, yang dapat didukung melalui berbagai faktor internal maupun eksternal seperti dukungan dari keluarga, guru, dan lingkungan sekolah.

This research aims to identify the influence of learning motivation on student learning outcomes at MAN 1 Gorontalo Regency. The research method used is a quantitative method by collecting data through questionnaires distributed to class The research results show that there is a significant relationship between learning motivation and student learning outcomes. The regression test produces a significance value of 0.000 (< 0.05), indicating that learning motivation makes a real contribution to learning outcomes. The coefficient of determination of 34.8% shows that the learning motivation variable influences learning outcomes, while the rest is influenced by other factors. This research emphasizes the importance of learning motivation as the main factor in improving student learning outcomes, which can be supported through various internal and external factors such as support from family, teachers and the school environment.

Author Biography

Adinda Fauziah Mamonto, IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia

Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia

Published

2025-01-14

How to Cite

Mamonto, A. F. (2025). Kontribusi Motivasi Belajar Terhdapa Hasil Belajar Peserta Didik di MAN 1 Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam, 1(1). Retrieved from https://j-ppai.my.id/index.php/JPPAI/article/view/25