Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pendidikan Agama Islam
Abstract
Penelitian ini membahas pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar peserta didik dalam Pendidikan Agama Islam. Latar belakang penelitian ini berfokus pada interaksi antara manusia dan lingkungan yang mempengaruhi perkembangan siswa, di mana lingkungan sekolah memainkan peran penting terhadap Hasil belajar PAI peserta dididk. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan sampel sebanyak 90 responden dari SMA N 2 Limboto, melalui penyebaran kuesioner setelah uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan sekolah memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik PAI. Hal ini diketahui regresi linier sederhana dengan tingkat signifikan 0,000 yang berada di bawah nilai acuan sebesar 0,05. Ini menunjukkan bahwa variable X ( lingkungan sekolah) memiliki pengaruh signifikan terhadap variable Y ( hasil belajar Pendidikan Agama Islam), dengan pengaruh sebesar 30,2% dari nilai R square. Kesimpulannya, penelitian ini menegaskan pentingnya menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, yang dapat mendukung terbentuknya generasi yang cerdas dan berkarakter






