Pengaruh Minat Baca terhadap Keaktifan Belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Limboto

Authors

  • Alfian Bukoting IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Apriliyanus Rackmadi Pratama IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Anugrah Lestari IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia

Keywords:

Keaktifan belajar, Minat baca, Sejarah Kebudayaan Islam

Abstract

Indonesia menghadapi tantangan besar dalam literasi, dengan hanya 0,001% penduduk yang memiliki minat membaca. Di Provinsi Gorontalo, tingkat gemar membaca termasuk dalam 10 terbawah se-Indonesia, meskipun memiliki 1.465 perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh minat baca terhadap keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MAN 1 Kabupaten Gorontalo. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan populasi sebanyak 500 siswa, dan sampel sebesar 83 responden, yang dihitung menggunakan rumus Slovin. Data dikumpulkan melalui survei menggunakan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh item dalam instrumen valid dan reliabel, dengan nilai Cronbach's Alpha sebesar 0,874 untuk variabel minat baca dan 0,849 untuk variabel keaktifan belajar. Uji normalitas, linearitas, dan regresi sederhana mengonfirmasi bahwa data berdistribusi normal, hubungan antar variabel linear, dan minat baca berpengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar (β=1,135, p<0,05). Koefisien determinasi sebesar 66,1% menunjukkan bahwa variabel minat baca menjelaskan sebagian besar variabilitas keaktifan belajar, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain. Hasil penelitian mengungkap bahwa peningkatan minat baca berkontribusi positif terhadap keaktifan peserta didik. Studi ini memberikan wawasan baru tentang pentingnya literasi dalam mendukung keaktifan belajar, khususnya dalam pembelajaran SKI, serta menawarkan dasar untuk upaya peningkatan budaya membaca di lembaga pendidikan.

Indonesia faces major challenges in literacy, with only 0.001% of the population having an interest in reading. In Gorontalo Province, the reading rate is among the bottom 10 in Indonesia, even though it has 1,465 libraries. This study aims to examine the influence of reading interest on students' learning activity in learning Islamic Cultural History (SKI) in MAN 1, Gorontalo Regency. The study used a quantitative method with a population of 500 students, and a sample of 83 respondents, which was calculated using the Slovin formula. Data was collected through a survey using a questionnaire that had been tested for validity and reliability. The results showed that all items in the instrument were valid and reliable, with a Cronbach's Alpha value of 0.874 for the reading interest variable and 0.849 for the learning activity variable. Simple normality, linearity, and regression tests confirmed that normally distributed data, relationships between linear variables, and reading interest had a significant effect on learning activity (β=1.135, p<0.05). The determination coefficient of 66.1% showed that the reading interest variable explained most of the variability of learning activity, while the rest was influenced by other factors. The results of the study revealed that the increase in reading interest contributed positively to the activeness of students. This study provides new insights into the importance of literacy in supporting active learning, especially in SKI learning, and provides a basis for efforts to improve reading culture in educational institutions.

Author Biographies

Alfian Bukoting, IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia

Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia

Apriliyanus Rackmadi Pratama, IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia

Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia

Anugrah Lestari, IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia

Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia

Downloads

Published

2024-09-07

How to Cite

Bukoting, A., Pratama, A. R., & Lestari, A. (2024). Pengaruh Minat Baca terhadap Keaktifan Belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Limboto. Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1–11. Retrieved from https://j-ppai.my.id/index.php/JPPAI/article/view/29