Pengaruh Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Motivasi Belajar PAI Di SMK N 1 Limboto
Abstract
Perkembangan teknologi informasi membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemanfaatan internet terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Negeri 1 Limboto. Masalah yang diangkat adalah sejauh mana pemanfaatan internet berkontribusi meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 91 siswa yang dipilih menggunakan teknik Slofin dari populasi 940 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan regresi linier sederhana. Variabel yang diteliti mencakup pemanfaatan internet (X) dengan indikator seperti minat dan relevansi, serta motivasi belajar (Y) yang mencakup kesungguhan dan perhatian dalam belajar. Hasil dari uji regresi linier sederhana menunjukkan nilai F hitung 58,712 lebih besar dari F tabel 3,95 yang berarti adanya pengaruh signifikan pemanfaatan internet terhadap motivasi belajar siswa , dengan kontribusi sebesar 39,7% dari nilai R square. Kesimpulannya, internet tidak hanya berperan sebagai media pembelajaran alternatif yang efektif tetapi juga mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI






